Tips Blogger Dan Trik SEO

★ Bienvenido a MegaMusi Español Menu ▼
Templates Premium

Benarkah Domain Blogspot.com Akan Beralih Ke Blogspot.co.id?

Domain Blogspot.com Akan Beralih

Sudah beberapa minggu ini ada kabar yang menyatakan bahwa domain blogspot.com akan diganti ke blogspot.co.id agar sesuai dengan domain negara masing - masing. Hmm... kira - kira benar tidak ya domain blogspot.com di indonesia akan beralih?

Tujuan Pengalihan
Tujuan google melakukan pengalihan ini adalah mengakomodir kebijakann bahwa blog tidak boleh melanggar hukum suatu negara. Jadi katanya kalau blog kita isinya melanggar hukum suatu negara atau berarti kalau di kita melanggar hukum indonesia, blog kita akan dihapus oleh pemerintah tapi masih bisa di akses dari luar negeri sob. Wah, repot juga ya...

Apakah Benar - Benar Akan Ada Pengalihan?
Sebenarnya kabar pengalihan domain masih simpang siur, tapi mungkin saja ini akan benar - benar terjadi, karena negara lain seperti australia memakai domain blogspot.com.au yang menjadi ciri khas negaranya, begitu juga dengan negara lainnya. Tapi perubahan ini katanya akan dilakukan secara bertahap sob. Jadi kemungkinan perubahan ini baru akan kita lihat pada beberapa bulan ke depan.

Bagaimana Dengan SEO
Sudah banyak orang yang mempertanyakan ini, jika jumlah negara dengan spesifik domain ada 100. Itu berarti satu artikel akan ada di 100 domain berbeda. Hal  ini akan termasuk sebagai artikel COPAS (copy paste). Dari pihak Blogspot pun belum ada kepastian. Blogspot mengatakan sedang mengusahakan mengatur algoritmanya agar meminimalkan efek duplikat konten pada domain blogspot pada level negara.

Selanjutnya bagaimana dengan PR (Page Rank) Bukankah pagerank diarahkan ke .com? Lalu apa yang akan terjadi dengan semua backlink itu jika untuk indonesia yang dihidangkan adalah .co.id? Perlukah kita melakukan redirect?. Jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya seperti apa, mudah - mudahan apa yang akan terjadi pada domain blogspot di indoneisa akan lebih baik lagi.

Salam Blogger ^_^


Source :

1 comment:

AjMrDeSiGn